Banyak dari kita sadar ataupun tidak memiliki koleksi baju atau pakaian hitam dan mungkin cenderung lebih banyak dibandingkan dengan warna yang lainnya. Menurut penelitian yang dilakukan terhadap 1.000 orang dari retail busana T-shirt Online, ditemukan bahwa pakaian berwarna hitam menjadi paling digemari oleh para pecinta fashion. Pakaian warna hitam dianggap memiliki fungsi lebih, yakni dapat meningkatkan rasa percaya diri secara drastis. Bahkan ada yang beranggapan memakai baju berwarna hitam membuat tampak lebih kurus. Benarkah ? Simak penjelasan berikut ini.

pakaian hitam

theunstitchd.com

Efek dari pakaian hitam yang dominan menyerap cahaya

Secara fisika, pakaian hitam lebih dominan menyerap cahaya dibandingkan memantulkan cahaya. Berbeda dengan warna cerah yang dominan memantulkan cahaya sehingga membuatnya terlihat lebih lebar. Bagian-bagian kusut dan sudut pada pakaian akan lebih tersamarkan pada pakaian hitam. Karena faktanya, pakaian hitam menimbulkan garis bentuk tubuh yang lebih rapi dibandingkan pakaian berwarna cerah.

pakaian hitamgambarbusanamuslim.com

Memanipulasi pandangan

Jika melihat beberapa orang yang sering menggunakan pakaian hitam, kita seakan melihat siluet tertentu dan tidak terfokus kepada pakaian tersebut. Hal ini yang membuat pandangan kita seakan-akan pakaian itu nampak pas digunakan oleh badan penggunanya.

pakaian hitamyoutube.com

Benefit secara psikologis ketika memakai warna hitam

Pakaian hitam identik dengan kesan serius. Efek psikologis ini membuat lawan bicaramu lebih menyeganimu dan fokus berinteraksi denganmu. Selain menambah rasa percaya diri dan memberikan kesan serius, warna hitam juga memberikan kesan misteri. Mereka yang menyukainya akan terlihat sebagai seseorang yang penuh dengan rahasia. Dan manfaat lain dari mengenakan pakaian berwarna hitam akan membuatmu lebih bisa mengontrol emosi.

Manfaat psikologis diatas memberi gambaran bagaimana warna hitam menjadi daya tarik tersendiri dibanding warna cerah. Bahkan warna hitam menjadi warna favorit bagi kebanyakan orang yang bertubuh gemuk. Namun, hal ini disanggah oleh salah satu desainer kondang Ivan Gunawan. Dikutip dari CNN Indonesia, ia menjelaskan bahwa urusan ilusi menguruskan atau menggemukan bukanlah masalah warna, melainkan model busana yang dipakai saat itu.

Tentu penilaian benar tidaknya ilusi warna hitam membuat tampak lebih kurus kembali kepada masing-masing individu. Pakailah apa yang kita suka dan membuat kita nyaman. Hal ini dikarenakan kebanyakan orang memang percaya bahwa warna hitam memiliki efek “ajaib” menjadikan tampak lebih kurus, sedangkan sebagian lainnya menganggap ini hanya mitos belaka.

Sumber: diolah dari beberapa sumber dengan beberapa penambahan, seperti science.idntimes.com , cnnindonesia.com dan lifestyle.kompas.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.