Kemeja merupakan outfit yang wajib dimiliki pria,  selain untuk acara formal/resmi kemeja juga cocok dipakai untuk acara santai, tentu dengan memperhatikan jenis kemeja pria itu sendiri. Meskipun kecendrungan pria mengenakan kemeja itu itu saja tidak ada salahnya mulai mengeskplor penampilan, menambah koleksi kemeja dilemari supaya tidak kehabisan gaya.

Kira-kira pria itu mengerti atau tidak dengan jenis kemeja ya? Sejauh ini kebanyakan pria tidak memperhatikan jenisnya, asalkan terlihat bagus dan cocok ya itulah yang dipilihnya.

Jenis Kemeja Pria

  1. Kemeja Formal

Di kenakan untuk acara resmi atau formal. Kemeja formal di desain untuk di kenakan dengan jacket/blazer dan dasi, tetapi bisa juga di kenakan tanpa keduanya.

  1. Kemeja Kasual

Jenis kemeja kasual cendrung dengan lengan pendek. Walaupun setiap kemeja lengan panjang belum tentu untuk acara formal, umunya dipakai dengan tidak mengancing bagian atasnya.

Setelah mengetahui jenis kemeja tentu akan lebih mudah bagi kita yang akan menambah koleksi, dan mau dipakai saat apa kemeja tersebut. Kemudian kemeja macam apa saja yang perlu dikoleksi, simak ulasannya!

  • Kemeja Polos Lengan Panjang

Milikilah setidaknya dua kemeja polos berpotongan formal lengan panjang. Karena kemeja ini bisa dikenakan kapanpun saat acara formal yang pasti dihadapi.

Kemeja Polos Lengan Panjang
Kemeja Polos Lengan Panjang
  • Kemeja Lengan Pendek

Kemeja lengan pendek menjadi model untuk keperluan aktifitas outdoor. Memilih model kemeja ini cocok sebagai seragam kerja lapangan atau ingin tampil rapi namun simple.

Kemeja Lengan Pendek
Kemeja Lengan Pendek
  • Kemeja Warna Gelap

Kemeja gelap dengan bahan dan desain yang tepat sangat cocok dikenakan oleh pria di acara-acara semi formal maupun formal. Jenis kemeja ini cocok juga dipadankan dengan jaket kulit favorit Anda. Atau kenakan dengan kancing atas dibiarkan terbuka untuk kesan smart dan mapan.

Kemeja Warna Gelap
Kemeja Warna Gelap
  • Kemeja Batik

Batik sudah menjadi paten Indonesia, alangkah baiknya kita mengoleksinya. Karena Batik juga keren dikenakan oleh anak muda. Belum lagi acara yang mengharuskan dresscode batik sering sekali dijumpai. Jenisnya juga macam macam, ada yang full batik dan ada juga Batik kombinasi dengan warna polos.

Kemeja Batik
Kemeja Batik
  • Kemeja Flanel

Kemeja flanel merupakan jenis kemeja yang sudah trend sejak dahulu. Kemeja ini memiliki ciri motif kotak-kotak baik kotak besar maupun kotak kecil.

Bahan yang dipakai adalah kain flanel yang memiliki ketebalan lebih serta adem saat dipakai. Kemeja ini tidak cocok kalau dikenakan untuk acara formal, lebih pas dan bagus untuk acara santai seperti liburan dengan perjalanan jauh.

Kemeja Flanel
Kemeja Flanel : backcountry.com
  • Kemeja Denim

Kemeja denim menjadi salah satu model kemeja yang trend dikalangan pria. Ini bisa dilihat sendiri pada model kemejanya yang menggunakan bahan jeans.

Secara umum, kemeja denim ini banyak dipakai oleh mereka untuk keperluan touring, karena selain sebagai kemeja bahan yang tebal pada kemeja ini juga bisa berperan layaknya jacket.

Pilih kemeja denim dengan bahan tipis dan agak lentur agar nyaman dikenakan.

Kemeja Denim
Kemeja Denim : lyst.com
  • Kemeja Prints

Udah bukan lagi tabu lagi pria pakai kemeja aneka motif print, dari yang artsy, retro, sampai yang floral dan flamboyant. Kuncinya pilih warna yang sesuai. Kalau motif prints sudah ramai, pilih warna earthy, pastel dan basic yang tidak terlalu mencolok. Sebaliknya kemeja motif prints yang tidak terlalu ramai boleh pilih warna-warna cerah dan shocking.

Kemeja Print
Kemeja Print : nlyman.com

Jenisnya sudah, kemudian ada hal lain yang perlu diketahui yakni memilih kemeja yang bener-bener kita inginkan. Simak tips memilih kemeja pria dari Kelas Cinta:

1. Pas di badan

Perhatikan jahitan sambungan di pundak, secara umum apabila pas di ujung bahu, artinya kemeja itu pas buat kamu. Jangan gunakan kemeja yang kebesaran karena itu tidak menunjukkan otoritas, carilah yang pas dengan ukuran tubuhmu, misalnya yang berpotongan fit atau muscle fit.

2. Bahan

Pilih kemeja dengan campuran bahan katun dengan poliester. Katun menyerap keringat, poliester membuat kemeja gak gampang kusut dan mudah disetrika. Kemeja berbahan poliester murni bahkan gak perlu disterika sama sekali, tapi cenderung panas ketika dipakai dan gak menyerap keringat.

3. Warna

Usahakan memiliki kemeja berwarna gelap dan terang. Warna gelap untuk acara formal seperti meeting dan kondangan, warna terang untuk acara semi-formal dan kasual. Bisa saja ketika kencan memakai warna gelap, tapi kesannya gak santai dan cenderung serius. Pemakaian warna cerah di acara formal lebih pas ketika dipadankan dengan sweater rajutan atau jas berwarna gelap.

4. Kombinasi

Setiap pria harus punya kemeja lengan pendek dan lengan panjang. Lengan panjang lebih fleksibel, ketika ingin lebih santai, lengan dapat digulung. Kemeja lengan pendek, walaupun berwarna gelap, tetap saja sifatnya kasual.

5. Jumlah

Empat adalah angka jumlah kemeja yang wajib dimiliki. Dua kemeja lengan panjang masing-masing warna gelap dan terang, dan dua kemeja lengan pendek. Tentunya kamu tidak mau dalam seminggu memakai satu kemeja yang sama kan?

Bagaimana? Sudah taukan jenis kemeja pria itu apa saja. Jika kamu pingin mencari kemeja muslim dengan desain yang fress dan kekinian, bahannya juga bagus, dan yang bikin tenang ialah bergaransi refund boleh mampir ke katalog kami, klik saja disini.

Semoga bermanfaat 🙂

Comments (2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.