6 Tipe Kerah yang Mungkin Kamu Tidak Tahu

Kemeja atau Koko modern yang ada pada saat ini sangat bervariasi model dan desainnya setidaknya ada 6 tipe kerah yang mungkin belum kita ketahui. Banyak bagian pada hem yang dapat divariasikan, seperti saku, manset/cuff, kancing, dan juga tipemkerah. Kerah seringkali menjadi objek yang kurang diperhatikan ketika kita memilih hem. Padahal tipe kerah pada hem memiliki beberapa variasi atau tiper yang bisa menunjang gaya fashion kita.

Berikut 6 Tipe Kerah yang Mungkin Kamu Tidak Tahu pada hem pria.

tipe kerah

1.  Regular Colar

Jenis atau tipe kerah hem pria ini merupakan yang paling banyak dipakai dan paling gampang ditemui. Bentuknya berupa sudut lancip atau runcing yang lurus ke bagian bawah. Biasa didesain untuk pakaian kantor karena terkesan rapi namun tetap kasual.Bisa dipadukan dengan sweater, karena lipatan tajam pada kerah sehingga tampak jelas.

Tipe kerah hem pria

2. Spread Colar

Jika dibandingkan dengan kerah reguler, tipe kerah Spread lebih lebar. Biasa digunakan pada hem untuk acara-acara formal karena didesain untuk dipadukan dengan jas atau blazer serta dasi. Untuk Anda yang memiliki wajah lebar atau bulat, hindari memakai kerah ini.

tipe kerah hem pria
josbank.com

 

3.  Button down point colar

Tipe kerah hem pria yang satu ini sangat mudah dikenali, dengan desainnya yang memiliki kancing pada bagian bawah leher yang berfungsi menahan kerah agar tetap rapi. Beberapa kerah hem type button down colar, memiliki kancing yang menyatu(Dijahit) dengan kerahnya namun ada pula yang bisa dilepas seperti kancing baju biasa. 

tipe kerah
foto: forum.xl.co.id

Bulan Oktober 2017, Fadkhera juga mengeluarkan koko modern dengan model kerah button down tapi tidak reguler seperti contoh foto diatas. Kerah koko hem Fadkhera merupakan kerah button down variasi. Dengan sayap kerah yang lebih pendek membuat koko-hem terlihat lebih rapi.

Tipe kerah hem pria
Kerah button down variasi Fadkhera

4.  Mandarin Colar

Kenapa dinamakan mandarin colar ? Ya benar, karena tipe mandarin colar terinspirasi dari negeri panda. Hem dengan tipe kerah mandarin colar cocok untuk dikenakan pada hampir semua acara. Saat dikancingkan, kerah mandarin ini dapat dikenakan untuk acara formal. Ketika dibuka, kerah ini dapat dipakai untuk acara-acara yang lebih santai. Kerah mandarin tidak cocok dipadukan dengan dasi.

tipe kerah

5.  Rounded Colar

Ujung-ujung kerah ini tidak berbentuk lancip seperti kebanyakan kerah pada umumnya. Walaupun bentuknya tidak lancip namun tetap cocok apabila menggunakan dasi. Bagian ujung kerah yang bentuknya membulat mampu memberikan kesan pada wajah agar terlihat lebih berisi.

tipe kerah

6.  Tab Colar

Pada kerah yang termasuk jenis formal ini terdapat pengait/tab yang menghubungkan kedua ujung kerah. Tab ini berfungsi agar dasi lebih naik dan kedepan. Oleh karena itu kerah ini akan terlihat aneh jika tidak mengenakan dasi. Tab Collar juga sangat cocok untuk Anda yang berleher jenjang.

tipe kerah
foto: looksgud.in

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.