Berbicara tentang fashion sangat erat kaitannya dengan pertanyaan bagaimana menjaga penampilan tetap menarik. Pilihan baju atau koko modern dengan paduan warna celana yang tepat menjadi syarat basic untuk menunjang penampilan kita. Menambahkan aksesoris jam tangan bisa menjadi pilihan untuk tampil lebih maksimal. 

Sudah maklum kita ketahui jam tangan adalah alat penunjuk waktu yang dipakai di pergelangan tangan. Jam tangan pertama kali dikenalkan pada abad ke-16. Pada saat itu semua jam tangan dan alat penunjuk waktu lainnya masih menggunakan mesin penggerak manual. Dari abad 16 sampai awal abad 20, jam tangan hanya digunakkan oleh wanita, sedangkan pria menggunakan jam saku. Namun sekarang jam tangan seperti menjadi sebuah aksesoris wajib bagi pria dan wanita karena jam tangan sudah bukan hanya menjadi petunjuk waktu, namun dijadikan bagian dari fashion.

Banyak variasi jam tangan yang bisa kita temukan di dalam dunia fashion dengan tampilan dan kegunaan yang berbeda. Maka dari itu, sebelum menggunakan jam tangan, kamu harus ketahui tips memilih jam tangan ini.

4 Tips Memilih Jam Tangan

1. Gunakan jam tangan sesuai aktifitas

Pada umumnya perancang jam tangan membuat model yang beragam dengan maksud dan tujuan tertentu. Mulai dari bentuk jam nya sampai bahan strap nya. Ada beberapa tipe strap jam tangan yang dapat kamu pilih untuk acara yang akan kamu hadiri. Diantaranya:

tips memilih jam tangan

  • Rubber: Sangat cocok digunakan untuk aktifitas yang banyak bergerak, seperti berolahraga, aktifitas outdoor, namun bisa dipadukan juga dengan style casual.
  • Stainless steel: Jam tangan dengan strap berbahan stainless  steel sangat cocok digunakan untuk acara formal dan dapa juga digunakan untuk acara kasual. Sangat tidak cocok untuk olahraga ataupun aktifitas outdoor.
  • Canvas: Strap dari bahan ini, cocok digunakan pada acara-acara kasual.
  • Leather: Strap berbahan leather atau kulit, cocok digunakan untuk acara formal, semi formal juga kasual.
  • Nylon. Kebanyakan terbuat dari bahan nylon, penggunaan hampir sama seperti canvas, pada acara-acara kasual.

2. Jangan gunakan aksesoris berlebihan

Ketika sudah memilih mengenakan jam tangan, sebaiknya hindari menggunakan aksesoris yang lain pada pergelangan tangan. Seperti aksesoris gelang, arm-band, scarf, dan buff. Akan terlihat sangat ramai di pergelangan tangan Anda jika sudah mengenakan jam tangan namun ditambah aksesoris-aksesoris seperti macam itu. Cukup menggunakan 1 gelang saja jika ingin menambah aksesoris pada pergelangan tangan.

tips memilih jam tangan
sumber: pinterest.com

3. Jangan terlalu longgar

Jam tangan yang tidak sesuai pergelangan tangan akan mengurangi kesan style mu. Gunakan lah jam tangan yang pas sesuai ukuran pergelangan tangan mu, jangan terlalu longgar nanti terlihat buruk dan jangan kesempitan karena pergelangan tangan mu akan sakit.

tips memilih jam tangan
sumber: wikihow

4. Gunakan ukuran yang pas

Kalau pergelangan tangan mu besar, gunakanlah jam tangan yang besar. Begitu juga sebaliknya, kalau pergelangan tangan mu kecil, gunakanlah jam tangan yang kecil. Karena apabila salah memilih ukuran yang pas dengan pergelangan tangan, style jam tangan mu tidak optimal dalam menunjang fashion mu.

Tips memilih jam tangan
Sumber : brilio.net

 

Jadi, sudah paham kan tips memilih jam tangan yang sesuai. Jangan sampai salah dalam penggunaannya yah, karena jam tangan merupakan salah satu aksesoris penting dalam fashion.

Comments (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.